Translate

Senin, 13 Juni 2022

Siswa Siswi SMA Negeri 1 Lebatukan mengenang Hari Pahlawan dengan mengunjung dan Mebersihkan Gua Jepang

 

Foto: Heri Ruing
Berangkat dari Penjajahan negara asing saat Indoneaia belum merdeka memang masih mebekas. Entalah dalam bentuk hati atau pikiran

Akan tetap ada hal tertinggal yang masih terlihat bukti nyata dari penjajahan tersebut dan masih bisah dilihat oleh mata kepala anak maupun cucu.

Gua Jepang atau sering juga disebut sebagai Bungker, merupakan salah satu rumah bagi para Tentara atau serdadu Jepang ketika menjajah Bangsa Indonesia. Banyak sekali kita menemukan gua atau bungker peninggalan tentara Jepang.

Salah satu gua Jepang atau bungker Jepang yang berlokasi di Desa Hadakewa Kecamatan Lebatukan Kabupaten Lembata adalah bukti peninggalan sejarah masa Penjajahan Jepang yang masih tersisa sampai saat ini.

Gua ini dulu merupakan fungsi strategis bagi Serdadu Jepang. Posisi gua berada diatas ketinggian sehingga mudah untuk memantau musuh yang datang. 

Gua itu sendiri mempuya dua lubang dengan panjang antar pintu yang satu dengan yang lainya kuarng lebi 4  meter dengan sekat pemisah pada kedua pintunya.

Gua atau Bungker Jepang ini dipakai sebagai tempat persembuyian dan juga untuk menyimpan atau menyembunyikan peralatan perang,penjajah bahkan bahan makanan

Bertepatan dengan hari pahlawan para siswa-siswi SMA Negeri 1 Lebatukan melakukan kunjungan pada situs gua Jepang terebut sekaligus melakukan aksi pembersihan karena gua Jepang teresebut tidak terawat dengan baik. Di pintu masuk gua ditumbuhi banyak rumput dan ilalang. Samapah- sampahpun berserakan.

By Waiua Ruing


Share:

0 comments:

Posting Komentar

Arsip Blog

OSIS SMA Negeri 1 Lebatukan

Translate

Definition List

Unordered List

Support